Tuesday, April 21, 2009

Another Loss

Kemaren subuh, jam 4.20 tepatnya, Opa gw meninggal. Emang bukan Opa langsung sih, tapi adiknya Nenek gw.

Opa Bambang, seperti layaknya "orang dulu" termasuk berumur panjang karena biasa hidup sehat. Hobbynya jalan kaki. Dulu pas SD gw juga termasuk yang suka jalan kaki dari blok S sampe Pulo Raya, tapi Opa bisa jalan kaki lebih jauh lagi. Dan gw selalu terpana kalo denger cerita2 dari mama mengenai rutenya si opa jalan kaki ini.

Dua tahun yang lalu, alhamdulilah Opa bisa naik haji. Opa yang biasanya pendiem sekali, cuma ngomong kalo diajakin ngobrol aja, jadi seneng dan suka ngomong, "kita dong mau naik haji" ke nyokap gw. Nyokap sih cuma senyum aja sambil ikutan seneng.

Sampe masa2 terakhir sebelum hidupnya, kebiasaan bangun subuh dan jalan kaki masih dilakonin tiap hari. Mesjid deket rumah tante gw, tempat Opa tinggal, jadi tempat Opa solat setiap hari. Kemarin orang2 dari mesjid situ bolak balik mengingatkan kita betapa Opa pribadi yang rajin beribadah, dan itu adalah contoh baik yang harus kita teruskan.

Kurang lebih sebulan yang lalu, setelah sederetan tes ini itu, ketahuan kalo Opa mengidap kanker. Udah stadium 3A lagi. Awalnya itu kanker dari mana juga udah gak ketauan, karena udah menyebar kemana2. Gak sampe 6 bulan seperti perkiraan dokter, Opa meninggal kemaren subuh di RS. Abdi Waluyo, Menteng.

Umurnya 78 tahun.

*kalo kata billy, mengukur dari rata2 umur orang indonesia yang 60tahunan, "bonusnya" Opa udah banyak jelir

No comments: