Thursday, February 2, 2017

Cerita KPR

Tahun lalu, sekitar bulan September, gw dan billy mulai hunting rumah. Alhamdulillah, akhirnya kita punya rezeki untuk beli rumah sendiri. Karena pernah lama tinggal di pamulang, otomatis yang pertama kita hunting ke kompleks pamulang estate dan pamulang m.a. Kita familiar banget sama daerah situ. Awalnya, niat kita mau  beli rumah second aja, dengan harapan harga lebih terjangkau dan dapet tanah lebih luas dari rumah baru. Mengingat rumah baru sekarang luas tanah dan bangunannya bak rumah barbie. Heuheueheu.... Dua weekend keliling di kompleks itu, ternyata.... rumah second sama aja atau bahkan lebih mahal dari rumah baru! Amaziiiinnnggggg :D

Akhirnya gw mulai hunting lewat internet, semua website properti gw buka. Dan ketemu lah sama satu perumahan daerah cinangka, yang kalo diliat luas tanah dan bangunan masuk versi standar gw, harga juga lebih murah dari pasaran. Penasaran dong eikeee..... Hari sabtu berikutnya, gw dan billy mulai nyari ke daerah Cinangka, semua kompleks yang kita lewatin, kita mampirin dan minta brosurnya. Kebetulan kompleks yang gw tuju agak jauh dari jalan besar, jadi ngelewatin banyak perumahan dulu. Hasilnya, semua perumahan yang gw liat tetep lebih mahal. Singkat cerita, setelah sampai di komplek itu, gw dan billy sreg, langsung ngetek kavling. 

Selanjutnya, proses KPR. 

Jadi, beberapa saat sebelum terima uang untuk DP, pihak dari developer minta dikirimin dokumen-dokumen pendukung untuk pengajuan KPR. Standar lah, foto copy KTP, KK, Slip gaji, NPWP, Surat Keterangan Kerja. Padahal gw dah bilang, gw baru mau mengajukan KPR kalo udah lunasin semua tagihan kartu kredit, maksudnya biar BI checkingnya oke, gitu. Tapi orang developernya bilang, gpp dimasukin aja dulu berkasnya, nanti mereka akan kasih tau pihak bank bahwa kartu kredit gw akan dilunasin. Maksud mereka biar prosesnya pararel, jalan bareng. Jadi pada saat uang DP udah diterima, KPR juga udah diapprove. Nggak salah juga sih. Developer gw punya beberapa kerjasama dengan bank, BTN, DKI Syariah, BTN Syariah, Mandiri Syariah juga.

Pertama dimasukin ke BTN konvensional, karena gw minta yang jangka waktu KPR bisa maksimal, 20 tahun. Setelah kasih nomer NPWP dan KTP, eng ing eng.... BI checkingnya kacau! Ditolak lah pengajuan gw. Yang bikin lebih down, orang marketing BTN bilang, "Bu, kalo BI checkingnya kaya gini sih, semua bank juga gak bisa". Pengin nangis gak sih..... Dan emang abis itu gw nangis beneran...hehehehhe... Bayangin gak, pertama kali ngajuin KPR, ditolak dengan embel2 gak ada bank yang mau terima. 

Abis itu, dicoba ke DKI Syariah, udah sampe ditelpon untuk survey sama orang DKInya, tapi lagi2 mentok di BI checking. Dititik ini, gw udah hopeless alias pasrah maksimal. Gw gak ngejar2 jawaban lagi ke orang developer, takutnya mereka ngerasa keteror dan malah sebel ama gw, wkwkwkwkk.. Jadi gw duduk manis aja, lunasin semua tagihan kartu kredit, Billy sisihin uang buat DP rumah, abis itu sisanya berdoa. 

Sampe akhirnya di suatu Jumat, gw makan siang ama temen ngekos jaman kuliah. Curhat panjang lebar soalnya rempongnya mau punya rumah sendiri. Dulu, gak punya uang buat DP, sekarang giliran punya uang buat DP, eh banknya amsyong. Terus dia bilang, sabar aja. Kalo udah rejekinya, pasti nanti bisa. Jalan pulang dari makan siang itu, orang developer whatsapp gw. Dia bilang, berkas gw mau diproses di BTN Syariah, tapi karena kebetulan waktu itu lagi akhir bulan, mereka mau tutup buku dulu. Awal bulan November nanti mulai diproses. Rasanya kaya mimpi. Alhamdulillah.

Sekitar awal November, ada orang dari BTN Syariah yang telpon, survey lewat telepon sekalian ngisi data-data formulir pengajuan. Gw sih gak berharap banyak. Tapi ternyata seminggu kemudian, orang BTN Syariah tadi whatsapp lagi, "sore mba, pengajuan KPRnya udah diapprove yak...xxxjuta rupiah" Best wa message of my life :D Akhirnya, sodara2!! Itu wa-nya gw screenshot, disave sampe sekarang...... sejarah bok :D Proses selanjutnya, mereka akan kirim pihak ketiga dari appraisal untuk survey fisik rumah ke kompleks gw. Jadi gw janjian sama orang appraisal, untuk naksir harga rumah. Hal ini untuk keperluan asuransi kebakaran. Pas ketemu sama orangnya, ternyata temen SMPnya billy....capek deeeeh.... Abis itu, appraisal kirim laporan ke BTN Syariah, baru mereka terbitin SP3nya. 

3 Jan 2017
Setelah SP3 dikirim via email, baru gw berani transfer DP ke developer. Biar udah ada 'pegangan' lah. Ada jaminan dari bank bahwa bener pengajuan gw diterima. Setelah transfer DP, tanah kavling mulai digali untuk bikin fondasi. Jadi, kalo kita beli rumah indent, minimal mesti ada bangunannya sedikit, baru bisa akad kredit dengan bank. Karena katanya, bank gak mau bayarin rumah kalo belum ada bangunannya. Setelah bikin fondasi, dan ditentuin jadwal buat akad kredit di akhir Desember, kita bayar biaya KPR ke BTN Syariah yang nilainya sekitar 5% dari plafond kredit. Lumayan besar yaaaa.... Abis itu, ketemuan di lokasi akad kredit, tanda tangan banyak bener, diterangin lagi ama notaris lanjut tanda tangan lagi di akte dll dsb...... and.... we are officially on our way to have our own house! 

28 Jan 2017.
Sore ini abis akad kredit, pulang rasanya ngawang, kaya mimpi. Ga nyangka akhirnya bisa punya rumah sendiri, sambil bayangin tiap bulan bayar KPR sampe 15 tahun ke depan... hahahahahha....

Tuesday, January 24, 2017

Bali :) (3)

Hari kelima, anak-anak tepaarrr....Hahahahhaha..... Abis sarapan, berenang, main di hotel, naik kamar, tidur dan gak ada yang minta main ke pantai, atau jalan makan keluar :D Gw juga sebenernya udah capek, dan emang nempel di kasur hotel enak banget rasanya. Tapi kan laper ya, bosen juga makan di hotel. Terus gw dan billy penasaran ama warung yang dulu kita pernah makan, model warteg gitu bisa milih lauk tapi adanya di daerah double six. Mumpung si miss cepet capek lagi tidur, kita berdua *sok* jalan kaki walaupun kata googlemaps jaraknya 2km dari hotel. Gpp lah, toh gak bawa anak-anak. Bebe di kamar nonton tv sambil nungguin adeknya tidur.




Tadinya pengen ngikutin googlemaps lewat jalan raya seminyak lurus aja sampe legian, terus belok kanan double six. Cuma karena gw pikir lebih deket lewat pantai, jadi lagi-lagi sok mau motong lewat pantai, yang ternyata gak tembus dan kita masuk gang-gang kecil di seminyak, dimana kiri kanan isinya villa melulu. Makanya jadi orang gak boleh sok, udah ikutin aja kata googlemaps :D Mayan lho sekali jalan 2km, bolak balik udah 4km. 


Warung Murah ini masih murah! Berhubung abis jalan kaki jam 2 siang, gw kayanya lupa gak foto deh. Atau mungkin gw foto tapi di delete billy? :p Anyway, ini satu lagi alternatif warung makan murah daerah double six dan sekitarnya ya. Rasanya juga enak, lauk macem2, walaupun kayanya ada pork juga. Nasi bisa milih mau nasi putih atau nasi merah. Abis makan dari situ, kita berniat naik taksi untuk balik ke hotel. Walaupun ujungnya turun juga dan jalan kaki. Macica gilaaa... 

 

Vanilla Millefeuille
Sampe depan hotel, gw gak ikut naik karena pengen keluyuran lagi ke daerah seminyak. Ya masa di bali gw gak kemana-mana....heuheuheuuu.... Target pertama pengen ke Monsieur Spoon, karena pengen dessert setelah jalan kaki jauh. Terus aja jajan daerah situ sampe akhirnya belok kiri setelah Motel Mexicola ke Sea Circus. Ini tempat yang penasaran karena kalo liat di IG, kok lucu banget modelnya. Setelah dari Sea Circus dan perut rasanya mau meledak, jalan kaki lagi motong sampingnya The Oberoi yang tembus di jalan kecil belakang hotel.

Ini booth jual handuk lucu2, cuma pas dideketin harganya 300-400an.
Bhay!
Keringetan, kaki gempor abis jalan kaki, alhamdulilah depan hotel ada Bali Spa....fiuuhh.... Boleh lah ya pijet dulu sebelum balik hotel :p Makan malem emang mau di hotel aja, ada barbeque-an all you can eat gitu. Mengingat anak-anak dari pagi udah gak semangat buat jalan.



Coconut milk coffee + chicken  taco
 Hari keenam, waktunya pulang. Walapun agak sedih, tapi badan udah pegel-pegel semua. Abis check out kita makan ke Biku, beli Gelato Factory, balik lagi duduk-duduk di hotel sampe jam 6an, abis itu jalan ke airport. Alhamdulillah kali ini gak ketinggalan pesawat lagi..... Malah pesawatnya yang delay 30 menit. Kita pulang naik Citilink. Kali ini Bebe duduk samping bapaknya, gw sama bibin. Bibin sedih begitu naik, karena gak ada tvnya. Ditambah pesen sponsor, besok-besok kalo mau naik pesawat lagi harus yang buntutnya biru, biar ada TV.

Aminnn yaa Biiin...... :* 



Monday, January 23, 2017

Bali :) (2)

Hari ketiga, kita ke Mengiat Beach di daerah Nusa Dua setelah sarapan di hotel. Karena udah hopeless sama pantai yang deket hotel, dan dapet info dari temennya Billy mendingan ke Mengiat aja. Daannnn...... gak nyesel. Asli! 

Pantai Mengiat ini lokasinya masuk ke area BDTC Nusa Dua. Kalo dah sampe gerbang BDTC, nanya aja ama sekuriti yang periksa mobil. Emang agak nyelip diantara hotel-hotel besar, gak susah kok. Asal bawa kendaraan sendiri, jangan taxi, supaya pulangnya gampang. Sewa kursi/loungers 50rb/hari untuk lokal, untuk bule kalo gak salah 100rb. Disini gak banyak jajanan, ada beberapa resto yang bisa pesen dan dianter ke pantai, tapi ya gitu deh, mihil. Mending sebelumnya mampir minimarket dulu dan bawa persediaan minuman/cemilan sendiri. Yang mana gak gw lakuin, kemudian nyesel.


Begitu masuk area pantainya sendiri....oh em ji where have i been?!! Baguuuss banget....... pantainya pasir putih, air laut gradasi dari ijo ke biru, ombak tenang, dan pantainya relatif sepi. Selama ini ke Bali gak pernah kepikiran untuk main ke pantai daerah benoa/nusa dua, karena dalem pikiran gw, pantai bagusnya udah dibikin private ama hotel. Sementara suruh nginep di hotel kok ya sayang ya duitnya :p 


Kita disini dari jam 10 pagi, masih bisa milih kursi dibagian depan, sampe jam 1 siang. Itu karena perlu makan. Seandainya kita bawa makan sendiri, kayanya gak pulang-pulang ampe sore...wkwkwkwkk.. Secara bebe bibi dapet temen main. Bebe ada temen anak indo-australi, si abin pun ada anak kicik perempuan yang tebakan gw anak latin. Cantik bener, mungil, mata coklat, pipinya merah. Kalo bebe bisa ngobrol lancar ama temen setengah bulenya, si abin dan temennya cukup duduk dan main pasir bareng aja. Udah cukup itu :D 




Selama main di pantai, Bebe gak jauh-jauh dari laut, sementara Bibi berusaha sejauh mungkin dari laut. Gak ngerti kenapa dia takut banget sama ombak, berdiri di laut sambil digendong pun jejeritan kalo kena ombak dari belakang. Duduk di pinggir yang deket ombak juga gak mau. Pokoknya macam pus meong yang kalo liat air ombak dateng, dia kabur duluan. Sementara kakaknya gak pake pikir panjang langsung lari ke laut :D Abis dari Mengiat, niatnya kita mau cari makan daerah Uluwatu, sambil main lagi ke pantai yang viewnya sunset.

Rencana tinggal rencana, begitu masuk mobil, tidur dua-duanya. Pules bener. Daripada gw gendong anak turun naik ke pantai kan, mending pulang hotel dan beli makan di Warung Ocha.  Btw, Warung Ocha sekarang harganya udah gak bisa dibilang warung yah. Ya gak semahal resto/kafe sih, tapi tetep bukan warung juga.

Echo Beach Bar.
Liat itu anak kutu digendong kakaknya? Yess...segitunya dia gak mau jalan kaki

Tidur siang bentar, anak-anak makan dulu di hotel, sorenya kita jalan ke Canggu. Penasaran juga katanya sekarang yang lagi hits kan daerah Canggu, nyetir kesana pake googlemaps, ternyata lumayan jauh. Sampe Echo Beach udah mau sunset, duduk-duduk sebentar di Echo Beach Bar, terus balik lagi ke daerah Kuta, Tuban yang macetnya minta ampun walaupun udah malem. Sekitaran Discovery Mall itu rameee bener. Pas lagi muter-muter gak jelas karena jalanan banyak yang satu arah, ketemu Nasi Bu Pedes Bu Andika. Mampir untuk bungkus makan di hotel, eyaampun masih enak yaaa....dan murce! 


Hari keempat, karena udah gak ada mobil, akhirnya lebih banyak di hotel aja. Baru keluar sore setelah anak-anak bangun tidur siang. Makan siang yang ketelatan di Warung KZU, Drupadi, seberangnya Haris Hotel. Modelnya kaya warteg yang bisa milih sendiri, ada beberapa menu ala cart kaya nasi goreng dan chicken curry. Nasi gorengnya enak dan banyak. Kalo mau nyari alternatif makanan murmer sekitar seminyak, kayanya ini boleh dicoba. FYI, beberapa menu ada yang mengandung babi ya. Abis itu kita naik taksi ke Kayu Aya, pengen nyobain Revolver Coffee yang konon kabarnya enak banget. Ternyata kabar itu gak bohong, affogato nya aseli enak. Kopinya nendang, es krimnya enak. Ice caramel latte yang gw pesen juga gitu, gelasnya kecil kaya gelas affogato. Tapi karena kopinya kenceng, jadi minumya gak bisa langsung sruput :D 

Kiri: Caramel Latte. Kanan: Affogato.
Mesti cobain deh kalo ke Bali
Abis dari Revolver, jalan aja di sekitar Seminyak sampe ke Ku De Ta. Gak masuk ke Kudeta, secara angin kenceng banget duduk kelamaan juga masuk angin, jadi ngeluyur aje ke pantai sebentar, di PHP in lagi sama sunset, terus pulang.

bebe abel, udah gede banget :)

Bali :) (1)

Alhamdulillah, akhir tahun kemarin baba bubu bebe bibin liburan ke Bali :)

Biasanya gw jarang cek n ricek tiket pesawat akhir tahun, karena harganya melambung tinggi seperti harga cabe sekarang. Tapi ya namanya juga rezeki, bisa pergi pas banget udah libur sekolah tapi belum kena harga akhir tahun. Tiket pesawat, dibeli jauh-jauh hari dan untuk menghindari error kaya terakhir ke Bali dimana gw lupa dan ketinggalan pesawat pulang, kali ini e-ticket pesawat gw forward jg ke email Billy. Jadi kalopun *amit-amit* salah lagi, kesalahan ditanggung berdua :D 



Berangkat hari Senin, 19 Des, naik Garuda yang dapet tiket promo. Kapan lagi naik Garuda lebih murah dari Air Asia kan? Huehehehehe. Sampe Bali, ketemu sama orang rental mobil, langsung ke Ubud. Kirain mah ke Ubud sekitar 2 jam ya, karena udah ada tol, ternyata macet banget juga pas mau masuk Ubud. Serasa di Jakarta bok, hari Senin kena macet. Mengandalkan google maps buat nyari hotel, akhirnya sampe juga di hotel sekitar jam 1, pas buat check in. Dikasih welcome drink yang enaaak banget 4 gelas, tapi lupa gw bawa masuk kamar pas anak-anak gak mau minum. Sedih, soalnya enak :p

Hotel kita di Ubud tipenya BnB, bukan hotel berbintang. Karena selain mahal, kita cuma nginep satu malem disini. Jadi yang penting kamar lega, gak spooky, ada kolam renang *penting kalo bawa anak*, dan gak jauh dari Ubud center.



Namanya bawa anak ya, cita-cita dan kenyataan seringkali gak sejalan. Gw niatnya siang sampe hotel, sore mau ngajak mereka untuk liat sawah Tegalallang atau pemandangan khas Ubud lainnya, ternyata mereka gak minat. Fokusnya cuma berenang di hotel, setelah capek istirahat bentar, terus keluar untuk nyari makan. Cuaca juga gak mendukung, karena gerimis dan ujan gede dari sore sampe malem. Akhirnya keluar sebentar, mampir monkey forest tanpa masuk, karena gw ilfeel liat jalannya naik turun dan bayangin gendong si Bibin, foto-foto bentar sama monyet, terus lanjut lagi. Abis itu parkir mobil di deket pura Ubud, jalan kaki, jajan gelato yang kayanya tiap 100m sekarang ada, ngaso sebentar di cafe-entah-lupa-namanya.

Trekking Campuhan Ridge Walk nya sampe sini aja.
Liat tuh yang paling depan dah cembetut :p
 Besok paginya, gw pengin ngajak anak-anak jalan ke Campuhan Ridge Walk, lagi-lagi gagal. Bibin gak mau jalan, maunya digendong. Piye, masa trekking naik turun sambil gendong bocah, encok juga emak bapaknya :D Setelah itupun gak berhasil, gw nyerah dengan cita-cita ngeliat Ubud dan akhirnya jalan ke Seminyak. Hari ke 2 sampe ke 6 kita nginep di Tijili Hotel, Seminyak. Ini boutique hotel yang interiornya gemes banget, lokasi strategis dan gak terlalu mahal.


Abis check in, istirahat bentar karena diluar mataharinya 10, terus sorean dikit jalan kaki ke pantai. Dari hotel ke pantai gak jauh sih, itungan di google maps cuma 450m. Tapi lagi-lagi yaa....anak kicik itu ribut bener gak mau jalan panjang, kakinya pegel, maunya jalan pendek aja, akhirnya pas pulang dia digendong. Sayangnya pas kita di pantai, anginnya kenceng, mulai mendung dan pantainya lagi kotoorrrr banget karena sampah yang dilaut kebawa ke pantai, sedih deh liatnya. Pas kita di Bali kemarin, sepanjang pantai Kuta sampai Kerobokan aneka rupa sampah bertebaran dimana-mana :(

Malemnya kita ketemuan temen Billy yang kebetulan lagi di Bali juga, di Motel Mexicola. Ini tempatnya keren! Begitu masuk dalem situ udah gak kaya di Bali lagi, ruangan besar lega ga pake ac, tapi atapnya tinggi jadi sebenernya gak gerah juga. Makanan mexiconya juga enak banget, walaupun lagu yang diputer lagu mexico gw gak paham, tapi seru lah disitu :D



Tacos


Friday, September 9, 2016

Sekolah Idaman Bibin

Bangunin Bibin pagi ini.

Bubu: "Bin, ayo bangun. Hari ini abin manasik haji lho. Kalo gak bangun nanti dicariin sama temen-temennya"
Bibin: *ngomong sambil merem* "aku nanti kalo udah gede, mau sekolah di PIM"
Bubu: "Heh, gimana? Mau sekolah di PIM?! "
Bibin: "Iya bu, nanti kalo aku udah besan, aku mau sekolah yang ada PIMnya"

Langsung seger ngomongnya, gak sambil ngelindur lagi. Mungkin dipikir abin, ibunya gak denger dia ngomong apaan. Padahal ibunya shiok.


Anak siapa ini, maunya sekolah di mall :D