Monday, June 15, 2009

Turunan Asma

Weekend kemaren, bebe abel asma berat. Penyakit turunan dari gw sedih

Waktu hamil dulu, gw udah berdoa banget semoga dia dapet kondisi badan kaya Billy aja deh. Billy jarang sakit, paling kalo udah kecapean badannya demam, meriang. Tapi udah, itu aja. Dan itupun jarang. Sementara gw, kena ujan dikit pilek. Kena debu dikit, bengek. Kecapean dikit, bengek. Musuh utama gw dulu kalo nginep di puncak ama keluarga, kamar villa yang demek dan berdebu! Karena dijamin sepanjang liburan gw malah sesek napas. Penyakit yang paling "sering mampir" ya masuk angin, pilek, batuk. Kalo udah batuk, biasanya asma gw pasti ikutan. Karena kebanyakan riak, bikin berat paru2.

Malah pas hamil bebe dulu, sekitar 7 atau 8bulanan gitu, gw bengek berat. Billy lagi nginep disurau, jadi gw cuma dirumah ama nyokap. Nyokap yang apal napas gw kalo bengek, udah curiga. Tapi dasar gw males ke dokter, gw bilang gpp. Sampe akhirnya, gw gak tahan karena gak bisa nafas, gw nangis2. Biasanya kalo udah mentok banget gw pasti nangis, karena kalo nangis kan buka mulut tuh, nah lumayan deh ada oksigen yang masuk. Kedengeran dong gw nangis, mau gak mau gw dibawa ke UGD Puri Cinere.

*alhamdulilah dokter gw, dr. Winahyo, tipe dokter yang bisa ditelp kapanpun, jam berapapun. pas gw bengek itu, nyokap gw nelp dia jam setengah 1 malem, diangkat lho ama beliau! langsung disuruh ke UGD, nanti dari sana biar dokter jaganya yang telp ke dia*

Sampe UGD Puri Cinere, ditemenin nyokap, gw di inhalasi. Lumayanlah inhalasi sekitar 1,5jam, setelah itu riak2 pada keluar, dan nafas gw mulai lega, baru gw boleh pulang. Besok malemnya, ngulang lagi ke UGD malem2 karena gw mulai gak bisa napas. Cuma kali ini sama billy. Gak kebayang deh, udah badan gw pas hamil segede ikan hiu, pake bengek pula. Tapi ya itu seni nya hamil jelir Hehehehehe.....

Kayanya, doa gw gak dikabulin ama Tuhan. Karena buktinya sekarang Bebe asma ikutan gw. Cuma sukur alhamdulilah, dia badannya lebih tahan banting. Gak dikit2 sakit kaya bubunya. Weekend kemaren mulai hari kamis, idungnya meler. Jumat tambah batuk2 dikit, gw kasih Comtusi. Sabtu, batuknya makin sering. Sabtu sore menuju malem, napasnya mulai pendek2 dan bunyi grok grok. Walah, alamat gak bisa tidur nih anak.xpasti

Bener aja, semaleman itu rewelnya minta ampun. Udah napasnya pendek2, bunyi grok grok, batuk2, dan idung masih meler. Lengkap sedih Tidur jadi gampang kebangun, kalo kebangun pasti nangis, dan kadang ngigo. Kayanya dia baru bisa tidur nyenyak diatas subuh. Persis kaya gw. Apa mungkin udara subuh itu lebih seger yah? Karena gw dulu kalo asma gak bisa tidur semaleman, baru bisa tidurnya pasti setelah subuh.

Minggu, alhamdulilah udah mendingan. Minggu malem napasnya udah gak terlalu pendek2 lagi. Tapi dasar bebe, biarpun napas aja masih berat, bawelnya mah teteeeeuuppp...... Malah semalem, udah mulai lompat2 lagi dikasur. gigil Tuh anak kiting susah bener deh disuruh anteng.

Oh iya, selain masih tetep bawel dan gak bisa diem, hobbynya dia yang lain seperti ngemil gak berenti dan nongkrong depan kulkas *cari cemilan*, juga tetep jalan terus sengihnampakgigi Nah kalo yang ini, asli turunan bapaknya jelir

No comments: