Monday, August 18, 2014

Cream Cheese Muffin

Dalam rangka ngabisin cream cheese di rumah yang rencana awalnya buat bawaan lebaran *gagal karena kita ke Anyer, gak sempet bikin cheese cake*, gw hunting lagi resep muffin yang pake cream cheese. Chocolate chip muffin yang bikin sehari sebelumnya sukses berat, jadi gw pikir kayanya kalo bikin muffin lagi anak-anak bakalan doyan. Masalah baking di rumah adalah, satu resep jadinya sering kebanyakan. Resep gw ambil dari website yourhomebasedmom. *my wish one day*


Ingredients
  • 3 C flour
  • 1 C sugar
  • 4 tsp baking powder
  • 1 tsp salt
  • 2/3 C milk
  • 1/2 C vegetable oil
  • 2 large eggs
  • 8 ounces cream cheese, softened
  • 1 C sugar
  • Topping
  • 1/2 cup all-purpose flour
  • 1 cup sugar
  • 1/4 C butter, softend 
Instructions
  • Preheat oven to 375 degrees
  • Line your muffin tin with cupcake liners
  • Mix together the flour, 1 cup of sugar, baking powder, and salt in a large bowl
  • In another bowl stir together milk, oil, and eggs
  • Combine with the dry ingredients
  • Stir until just moistened
  • Combine cream cheese and 1 cup of sugar
  • Gently mix half of this mixture into the muffin batter
  • Fill muffin tins about 1/2 to 2/3 full with batter
  • Spoon the remaining cream cheese mixture onto the muffins, with the back of a spoon push the mixture into each muffin
  • Topping:
  • Combine ingredients
  • Sprinkle generously over muffins
  • Bake 24 to 30 minutes until golden brown
Cream cheese fillingnya gak keliatan ya? :p
Catetan gw:
  • Ternyata gak gampang nyelipin si filling cream cheese ini. Batch pertama yang masuk oven cream cheesenya sukses luber keluar muffin, batch kedua agak mending, tapi setelah dimakan ternyata terlalu sedikit naro cream cheesenya :p
  • 1/2 cup vegetable oil gw ganti pake melted butter. Sebetulnya di resep choco chip muffin kemarin pake oil biasa udah moist, tapi karena gw keabisan vanilla extract, jadi gak wangi. Setelah gw ganti dengan melted butter, tetep moist dan dapet wangi butternya. *tetep belom beli vanilla extract*
  • Milk di resep gw bikin jadi buttermilk. 
  • Adonan muffin ini emang padet dan kentel ya, jangan heran kalo adonannya gak cair. Tapi jangan khawatir juga jadinya gak ngembang. Dua kali bikin muffin, dua-duanya ngembang sukses. Makanya takeran baking powder sampe 4 sendok teh. Oh iya, untuk baking powder gw selalu pake double-acting baking powder merk Hercules.
  • Bikin streusel crumbsnya itu gak susah sih, tapi gw naro toppingnya kedikitan juga. Walaupun rasanya tetep enak, tapi penampakannya gak secantik foto asli dari resep yang gw contek :D
  • Yang ini billy doyan karena ada kejunya! Padahal kejunya manis lho.... Biasanya dia doyan yang gurih. Gw bawa ke kantor juga temen-temen kantor pada bilang enak. *langsung bangga*
  • Food photography ternyata susah! Mulai ngatur supaya komposisinya bagus, setting manual kamera biar keliatan terang tapi tetep seperti warna aslinya, atau ada anak kiwil yang gak sabar nungguin mau makan padahal ibunya masih foto-foto kue...Wkwkwkwkwk
Nah kan ada yang gak sabar

No comments: