Monday, September 10, 2012

Tentang ASIP

Untuk anak kedua ini, gw bertekad mau kasih asi eksklusif sampe minimal 6 bulan. Target jangka panjangnya, sampe 2 tahun. Kenapa? Karena dulu Bebe gagal. Dia sempet asi eksklusif sampe kurang lebih 3,5 bulan pertama. Itupun waktu umur sebulan sempet kena sufor karena asi gw mendadak kering. Sebabnya bisa karena kecapean banget, gak mood dan gak siap punya bayi akhirnya pengaruh ke produksi asi. Beli Nestle Nan, dikasih sekali atau dua kali. Setelahnya minum booster asi kacang hijau, alhamdulillah keluar lagi. Tapi karena kurang pengetahuan, gw gak nyetok asip dari masih cuti. Makanya begitu ngantor mompa asinya kerja tayang. Alhasil, Bebe umur kurang lebih 6,5 bulan udah kering asinya. Full susu formula.

Sama Bibi gw gak mau kejadian yang sama. Dan alhamdulillah juga, sepertinya badan ini ngatur sendiri kalo anak gw perlu asi banyak dari lahir. Sejak dirumah sakit, asi gw udah keluar banyak sampe rembes. Karena pas hamil gak yakin asinya banyak, gw gak persiapan beli breast pump. Salah besar yeee :p Huehehehehe.... Syukurlah temen-temen gw baik hati, nanyain mau kado apa. Saya mau beast pump dong! :D Menimbang antara elektrik atau manual, gw pilih manual aja. Alesannya, kalo elektrik mau pake harus cari listrik. Kurang fleksibel. Pake batre bisa sih, tapi menurut review kalo pake batre tarikannya beda, kurang kenceng. Dan menurut review lagi, untuk breast pump manual, Avent juaranya. Jadilah gw minta kado Avent.


Nyimpen ASIPnya, karena gw gak punya freezer khusus dan hanya pake freezer yang nyambung sama kulkas itu, jadi pake kantong asi biar hemat tempat. Merknya Natur, soalnya ini yang paling murah..Heuehehehhe... Satu pak isi 30 Rp. 35.000. Kalo botol kan bisa dicuci, kantong sekali pake langsung buang. Jadi nyari lah yang paling murce :p

Karena sekarang udah banyak pengetahuan dan support group untuk ibu-ibu yang kerja, jadi gw mompa sejak pulang dari rumah sakit. Atau pas udah beli breast pump, lebih tepatnya...Wkwkwkwkkwk.... Stock asip udah full di freezer atas.

Sejak masuk kantor, jadwal pumping gw adalah subuh sebelum berangkat *gak boleh telat bangun!*, jam 10.00/11.00 pagi, siang jam 14.00/15.00 dan malem pas sampe rumah setelah Bibi tidur. Dari 4x pumping ini hasilnya per hari dapet sekitar 500-600ml. Jujur aja, sering jiper dan mengkerut kalo baca cerita ibu-ibu lain yang sekali pumping bisa dapet 250ml sendiri. Tapi insya Allah hasil pumping gw masih surplus dibanding asip yang diminum Bibi sekarang *3,5bulan*, yaitu sekitar 300-400ml per hari kalo gw di kantor.

Insya Allah, bisa terus nyusuin sampe umur 2 tahun ya, Bi. Selain kelebihan asi yang udah banyak dijabarin dimana-mana, juga mengurangi bawaan botol, termos air panas, dispenser susu yang sangat makan tempat, dan lebih hemat daripada beli susu formula.

Niatnya kan, gak nambah anak lagi setelah Bibi. Jadi kalo yang pertama gak sukses, yang bontot ini harus sukses dong :D

Semangat!

No comments: