Sunday, November 18, 2012

Tips Mencari ART

Ini tips dibuat berdasarkan pengalaman pribadi ya. Namanya rumah tangga, mau ibunya ngantor atau nggak, pasti setengah mati repotnya kalo pembantu minta berhenti. Kadang gak pake minta sih, asal ngeloyor aja dese cabut. Kaya yang kemarin terakhir di rumah.

1. Nyari ART itu kurang efektif kalau nanyanya ke temen-temen kita sendiri. Sering kan gw denger temen-temen gw saling minta pembantu kalo ada lebihan pembantu. Padahal ya, yang buat sendiri aja susah :p Jadi sebaiknya, tanya ke tukang sayur, satpam, atau mba-mba yang kita ketemu di daerah tempat tinggal kita.

2. Jangan kaku. Nanya gak terbatas hanya pada nomer 1 diatas. Pembantu yang sekarang kerja di rumah gw, baru dateng dari Indramayu. Dapetnya pas Billy nanya ke ibu yang kerja di laundry kiloan. Jadi , nanya ke siapa aja deh. You never know.

3. Kalo udah dijanjiin ada yang mau dateng, jangan berenti nyari. Sebaiknya tetep tanya sana sini. Gak ada salahnya kan buat 'serep'. Seandainya yang dijanjiin itu gak dateng, masih ada kandidat yang lain.

4. Jangan terlalu mepet nawarin gaji. Yang ini sih tentunya tergantung kondisi ekonomi masing-masing rumah tangga. Kenapa jangan terlalu mepet? Karena kalo ada yang tertarik buat kerja sama kita, gak pake mikir-mikir lagi.

Setelah kemarin ART gw tiba-tiba cabut karena anaknya berantem mulu ama Bebe, gw ama billy kelimpungan nyari gantinya. Billy untungnya luwes kalo berhubungan ama orang gak kenal. Asal lagi jalan di komplek, terus lihat mba-mba jalan, pasti dia berenti nanyain ada temennya yang mau kerja atau nggak. Selain itu, Billy jalan menelusuri gang-gang tempat kontrakan. Beneran lho, dia jalan di kampung yang banyak kontrakan terus satu-satu ditanyain. 

Akhirnya sekarang di rumah ada dua ART. Satu yang nginep buat jaga Bebe Bibi plus beberes rumah, satu lagi yang pulang hari, cuci setrika aja. Emang boros sih, tapi mendingan cari aman ada 2 ART kerja di rumah, Satu berenti masih ada yang satu lagi. Begitulah kurang lebih tips gw, berdasarkan pengalaman pribadi. Waktu tinggal di Pamulang pun cara nyari ART sama. Kenapa gak nyari ke penyalur atau yayasan baby sitter? 

Maleeesss.

Selain gaji baby sitter yang gw gak sanggup bayar, belum plus bayar ambilnya ke yayasan, gak ada jaminan mereka betah. Kalo baru seminggu dua minggu minta pulang, iya sih masih dapet garansi ganti dari yayasan, tapi berapa lama kita mau nunggu? Mending gw nyari sendiri. Eh maksudnya, Billy nyari sendiri :p

No comments: