Thursday, November 22, 2012

Tabina is 6!

Hore akhirnya Bibi 6 bulan juga! Si emak gak sabaran ini udah gatel aja mau ngasih makan anaknya. Walaupun alhamdulilah menyusui masih lancar ASIX, stok ASIP juga masih banyak di freezer, tapi bawaannya gatel pengen nyuapin dia. Apalagi setiap orang makan, mulutnya udah ikutan klamat klamut. Jadinyaaaaa...... 6 bulan kurang 10 hari *kalo gak salah inget*, Bibi gw suapin pisang :D :D Hihihihiihi... Pertama lucu ya tampangnya, agak heran-heran gimanaaa gitu. Mungkin lagi mencerna benda asing apa ini yang ada di lidah. Abis itu walaupun gak sukses, namanya juga baru belajar nelen, gw beliin alpukat. Bener kan, emaknya yang gak sabaran.

Alpukat dia lumayan beberapa ada yang ketelen. Entah memang doyan alpukat, atau udah lebih pinter nelen. Setelah alpukat, buahnya melon dan pir. Melon diblender aja biasa, kalo pir dikukus dulu. Ini pun dua-duanya mau. Untuk makan siang, gw mulai kasih tepung Gasol. Waktu itu beli di ITC Kuningan yang beas merah, beras coklat dan kacang hijau. Waktu gw kasih beras merah+ASIP, biasa aja dia. 

Sekarang sih makannya udah macem-macem. Sarapan dua hari yang lalu Gasol kacang hijau plus jus melon, kemarin jagung manis di puree plus ASIP. Hari ini bubur roti ASIP + labu kuning. Makan siang untuk karbohidrat digilir antara puree kentang, beras merah atau beras coklat. Terus gw udah kasih dia kaldu ayam. Sayurnya udah coba wortel, brokoli. Hari ini dicobain pake tempe dan bayem, tapi kata mba dilepeh. Gaya bener deh, Tabina... (-_-") 
Bubu, mana makanan aku? :(
Jadwal makan Bibi, karena judulnya masih pendamping ASI, kurang lebih 4x sehari. Pagi dan sore puree buah/bubur jagung/bubur roti kemudian siang dan malam makan lengkap. Biar praktis, yang masuk freezer kaldu ayam. Kalo sisanya, biasa gw siapin dari malem sebelumnya. Jadi menu sarapan dibikin untuk porsi dua kali makan. Dikukus malem, pagi tinggal blender. Makan siang dan malem juga gitu. Malem kukus bareng ama menu sarapan. Kenapa gw sebut kurang lebih 4x? Karena kadang malem udah keburu tidur, jadi gak sempet makan malem, hueheheheheee :p

Untuk panduan lauk apa aja yang boleh/tidak, gw ngikut panduan terakhir dari WHO yang membolehkan semua jenis makanan untuk dikenalin ke bayi. Tapi pake feeling juga yaaa.... Gak berarti semua boleh, terus besok dia makan udang. Untuk protein, pertama ayam dulu. Minggu depan mungkin mulai sapi. Kalo sapi lulus, ikan tawar. Nah, setelah itu mulai ke ikan laut. Anjuran yang gw gak terlalu ikutin adalah nyobain menu baru 3 hari berturut-turut untuk ngetest alergi. Jangankan gw, si mba aja komentar, "Bu, masa besok wortel lagi?! Hari ini udah wortel" :D Alhamdulillah sampe saat ini gak keliatan ada reaksi atas makanan tertentu.

Jadi umur 6 bulan ini, Bibi udah berenang di kolam berenang umum, makan mulai macem-macem dannn........... jatuh nggrusuk dari kasur 2x! Eaaaaaaaaa :-s


No comments: