Thursday, November 1, 2012

Cepet sembuh, Abel

Jadi orang tua pasti sedih kalo anaknya sakit. Nah, apalagi kalo anak (perempuan) nya patah tulang! Malem minggu setelah lebaran haji, kita sekeluarga main ke surau. Ada bakar-bakar sate sambil ngumpul. Berhubung udah lama bener gak ke surau dan suasananya santai, gw pikir gak apa-apalah bawa Bibi. Sabtu paginya, kita berenang dulu. Termasuk si Bebe juga. Jadi pada saat main ke surau dia kondisinya udah capek. Kira-kira jam 11 malem, gw lagi gendong mau  nidurin Bibi, tau-tau si Bebe jejeritan,

"tangan Bebe patah....tangan Bebe patah!!"

Gw pikir nih anak jatuh, terus lebay. Ternyata setelah dia dibopong sama temen gw, gw liat tangan kirinya udah muter dan keplek-keplek :( Konfirm deh ini patah....Huhuhuhuhuu :(( :(( Gw langsung manggil Billy, gak lama kemudian Bebe pindah digendong Billy. Pertolongan pertama, Bebe dibawa ke rumah tukang urut di belakang surau. Jadi lah hampir tengah malem plus gendong Bibi sambil keburu-buru gw jalan di gang-gang kecil yang gelap dan kebanyakan masih tanah. Gw berdoaaaaaaa banget semua gak pake ikutan kepleset. Sampe di rumah si nenek urut, Bebe diurut sebentar, pasang gips emergency, terus gw kekeuh harus bawa Puri Cinere buat rontgen. Walopun semua orang udah menyarankan untuk dipijet ke tukang urut ahli patah tulang kaya Haji Naim, tapi gw tetep mau tau kaya apa posisi patah tulangnya.Kalo setelah itu mau dibawa urut ya bawa aja. Kurang lebih jam 12 lewat sampe ke Puri Cinere, langsung masuk UGD dan dibawa ke ruang radiologi. Dari hasil foto rontgen keliatan, memang patah :( 

Hasil rontgen tampak depan dan tampak samping
Seperti biasa, ilmu medis dan tradisional gak pernah sejalan. Orang rumah sakit menyarankan supaya rawat inap dan besoknya ketemu dokter ortopedi. Kemungkinan besar sih, akan dioperasi. Menurut mereka, kalo dipijet itu bahaya takutnya ada urat atau saraf yang kena urut. Nah Billy yang tadinya udah yakin mau urut, jadi labil dan bilang ke gw, Bebe rawat inap aja. Gw pun nurut. Ditangani secara medis juga gak masalah. Pas balik lagi ke UGD dan hasil rontgennya dipajang, Billy sibuk tanya sana sini, apakah bener patah tulang yang kaya gini harus dioperasi. Setelah nanya ke beberapa orang, akhirnya kita yakin, gak perlu rawat inap. Bawa pulang aja dan besok subuh langsung ke Haji Naim. 

Gw lega banget setelah akhirnya ada keputusan. Tadinya bener-bener bimbang antara operasi atau pijet. That was the worst feeling I have ever had as a parent. Beneran, rasanya amit-amit deh! Mau menentukan nasib anak kita, takut kalo keputusan yang kita ambil ternyata salah, gimana nanti nasib tangannya Bebe? :( 


Dari Bebe jatuh sampe dia dibawa ke Puri, gw masih bisa tenang. Perasaan yang ada itu antara marah kenapa dia gak bisa nurut, marah ama keadaan kenapa dia bisa sampe patah, dan bingung mau diapain. Tapi setelah semuanya mereda, baru gw nangis sesunggukkan.... Ya Allah, tangan anak perempuan gw patah :( Rasanya mencelossss banget.... Lihat tangannya yang keplek-keplek dan muter gak jelas gitu. Untungnya sih dia gak pake nangis. Kalo dia nangis pasti gw jadi panik.Semua yang gw ceritain nanya, Bebe nangisnya kaya apa tuh? Percaya gak percaya ya, tapi dia asli gak nangis pas jatuh. Dia lebih teriak panik lihat tangannya sendiri. Tapi gak pake nangis meraung-raung. Syukur alhamdulilah deh dia kuat kaya bapaknya. Coba kalo gw, pasti udah cengeng kemana-mana. Kata Billy, pas subuhnya diurut pun dia cuma nangis teriak sakit kalo yang beneran sakit. 

Besok hari Jumat balik lagi untuk urut, insya Allah udah baikan yaaaaa....:) Kemarin gw sempet bbm an ama Billy, gw bilang kalo kali ini, hati gw rasanya ngilu banget lihat Bebe sakit. Padahal gw pernah sendirian nemenin Bebe pas rawat inap karena panas tinggi, pernah juga kangen berat waktu dia di 'karantina' karena cacar, tapi kalo sampe patah tulang begini rasanya beda. Ternyata ya, si Billy juga! Gw pikir dia kuat karena kelihatannya tegar banget, eh ternyata nggak :p Huehehehe....

Ini foto beberapa saat sebelum dia kepleset
Oh iya, kalo mau tau gimana tangannya bisa patah, no one really knows. Termasuk Bebe. Yang kelihatan cuma tangannya lagi gelayutan ke tiang tempat gantungan payung sambil ngobrol, terus mungkin kakinya kepleset karena abis ujan kan. Nah mungkin posisi tangan pas mendaratnya gak bener. Bebenya sendiri juga gak inget gimana dia jatuh. Jadi kita semua cuma bisa kira-kira aja. Kalo orang mikir Bebe jatuh karena lagi 'akrobat' seperti tingkahnya dia biasa, ternyata malah nggak.

Cepet sembuh ya Bebe Abel :* :*

No comments: