Tuesday, September 30, 2014

Bikin apa?

Tadi pagi pas lagi duduk di dapur ngulenin adonan pizza, Bibi muncul di samping gw sambil nanya,

"Bikin apa?"

Ini ngomongnya jelas banget ya, gak cadel dan gak salah bunyi. Kan ada beberapa kata yang dia masih cadel. Misalnya bilang bangun jadi mangun, abel jadi aben, susu jadi tcutcu *bunyinya antara cu dan tu*, dll. Gw kaget! Lho kok dia udah bisa nyebut dua kata dengan lancar?! Hahahahaha.... Saking senengnya, gw gak jawab pertanyaannya, langsung gw gendong sambil cium-cium gemez :D

Jadi ceritanya, sampe umur 1 tahun lebih, dia belum bisa nyebut satu kata pun. Kayanya maleees banget untuk buka mulut gerakin lidahnya. Boro-boro cadel, babbling pun nggak. Kalo dia mau sesuatu, cuma nunjuk sambil uh uh aja. Karena pengalaman anak pertama si Bebe yang cerewet dan ngomongnya cepat, mulai dong gw khawatir. Browsing sana sini, disebut kalo patokannya umur 1,5 tahun biasanya udah bisa nyebut sampe 5 kata. Misalnya mama, papa, mimi. Lha ini udah mau dua tahun gitu lhooo..... Gw browsing lagi, cari klinik tumbuh kembang anak untuk terapi bicara. Daftar lah di Klinik Pela 9, di perempatan radio dalem. Mak, daftar sekarang dapetnya untuk bulan depan! Ckckckckk..... Ternyata urutannya, pertama kali dateng, si anak ketemu dengan dokternya dulu. Dokternya cuma satu orang di klinik itu. Pantes ngantrinya lama bener. Nanti dilihat apa yang kurang, baru kemudian diterapi. Kunjungan selanjutnya tinggal terapi aja, langsung ketemu terapis dan gak perlu ketemu dokter lagi. Kurang lebih gitu deh penjelasan via telepon. 

Sambil nunggu tanggal periksa ke dokter, billy udah bilang sih, sabar aja dulu. Mungkin emang Bibi agak lambat bicaranya . Tapi kan yaaaa... namanya juga emak-emak, gw kekeuh tetep mau periksa. Selama nunggu jadwal terapi, pelan-pelan mulai lah keluar kata-kata ajaib. Mulai babbling juga. Kali si Bibi tau mau dibawa periksa, hehehehehe... Karena udah mulai ngomong, akhirnya dalam hati gw ngakuin billy ada benernya, dan jadwal periksa di Pela 9 pun gw cancel :D 

Singkat cerita sampe sekarang umur 2 tahun lebih, kira-kira 6 bulan setelah rencana mau bawa periksa, ngocehnya udah banyaaaakkkkk bener. Cenderung kaya Bebe, kalo udah ngoceh gak berenti. Gaswat kalo ceriwisnya sama kaya Bebe. Bebe itu bisa ngajak bapaknya ngobrol Jakarta-Bandung dan Jakarta-Anyer gak berenti-berenti. Kebayang kan kalo Bibi begitu juga? Ibunya pasang ear plug di mobil :D

Ternyata emang perkembangan anak beda-beda itu bener ya, berhubung dulu Bebe perkembangannya on track, malah kadang lebih cepet :p, jadi begitu anak kedua agak lambat gw udah khawatir berlebihan :)

No comments: