Tuesday, September 24, 2013

The Art of Survival

Tadi pagi di jalan berangkat, billy cerita kalo kemarin si bebe pas lagi ekskul dance diledekin anak laki kelas dua. Yang diledekin kulitnya bebe yang banyak bekas luka gitu. Kalo ga salah dibilangnya bebe cacar atau apa lah, kurang jelas kedengerannya. 

Insting pertama gw sebagai ibu, pengen gw samperin itu anak, gantung di dinding dengan posisi kaki diatas kepala di bawah sampe dia minta maaf ke bebe. Cuma sebagai orang dewasa kan mesti kepala dingin yeee.... jadilah bebe gw kasih wejangan, seandainya ada yang ngeledekin dia langsung, dia harus berani bales. Karena kata bebe, dia ga marah ama anak itu. Gw tekankan ke bebe, dia bloleh marah dan harus berani lawan. Walaupun pagi ini billy langsung lapor ke guru kelasnya, tapi kan bebenya harus diajarin untuk bisa bela dirinya sendiri.

Ternyata di rumah selalu dikasih tau ga boleh marah ke orang, akhirnya 'diserang' duluan pun dia ga bales.
Gw sadar, anak kecil apalagi cowok emang usil kan. Mungkin dia juga maksudnya becanda. Gw juga gak mau cepet2 bilang anak itu bully, cuma hal kecil kaya gini ga bisa didiemin. Anak kecil usil itu biasa, tapi sekolah harus responsif dan nunjukin sikap. Lebih penting lagi, anak gw udah mulai masuk masyarakat umum. Harus diajarin untuk berani ambil sikap, bisa ngebela dirinya sendiri. Tau kapan dia harus bertahan, kapan harus ngelawan.

No comments: