Tuesday, September 17, 2013

Asma Juga

Akhir Juli kemarin *eaaa udah lama bener*, si Bibi rawat inap di Puri Cinere. Alhamdulillah nggak ada yang serius. Batuk pilek kebablasan jadi radang tenggorokan, yang kemudian memicu asma. Hayaahh..... ternyata dia ada asma juga. Selama ini gw dan billy bersyukur, Bibi aman nggak kena asma kaya Bebe dan ibunya. 


kabelnya banyak bener :(

Semaleman dia tidurnya gak pules, napasnya kedengeran berat dan bunyi grok grok. Paginya, bisa melek walaupun lemes banget dan napasnya masih bunyi. Udah gw jemur, gw olesin transpulmin, tetep aja masih kedengeran berat. Setelah billy pulang nganter Bebe sekolah, gw putusin untuk dibawa ke UGD Puri Cinere aja. Kenapa gak ke dokter anak dulu? Lama prosesnya. Kalo dokter anak, kita ngantri dulu masuk dokter. Abis itu konsultasi bla bla bla, baru dikasih rujukan ke fisioterapi buat diuap. Nanti di fisioterapi pun ngantri lagi. Mending UGD deh cepet, begitu masuk langsung ketemu dokter jaga, terus dikasih dosis untuk cairan uapnya. Emaknya pengalaman bener emang kalo urusan sesek napas gini.

Sampe UGD, pas diperiksa pake stetoskop ama dokter jaga, disarankan untuk rontgen paru karena kedengeran nafasnya berat banget. Dan disarankan untuk sekalian rawat inap, supaya bisa periksa darah takut ada virus/bakteri. Gw iya aja deh, sekarang kan virus/bakteri aneh-aneh. Kelar dari radiologi, emang keliatan foto parunya ada yang berkabut gitu.Pas diuap, Bibi nangis jerit kuenceng banget. Udah dia lagi sakit, dikelilingin orang gak kenal, plus disodorin corong yang ada uapnya. Selain itu juga dipasangin infus untuk obat asma dan pengencer dahak. PR bener deh jagain infus ini supaya gak copot. Itu anak bayi lagi seneng-senengnya baru bisa jalan. Tiba-tiba 'diiket' di kasur gak boleh banyak bergerak :D 

Dari total 3 hari dirawat, pasang infus 2 hari aja, karena nafasnya udah jauh mendingan. Jadi malem ke 2 pas infusnya bocor, ama suster dilepas aja dan dikasih obat minum. Alhamdulillah hasil test darah gak ada yang bahaya, cuma kadang darah putih yang tinggi. Karena ada infeksi mungkin dari radang tenggorokan itu.

Capeknya jagain anak bayi di rumah sakit? Jangan tanya! Jauuuuuuh lebih capek daripada jagain Bebe masuk rumah sakit dulu. Yang ini kan belom ngerti diajak ngomong, masih nyusu ama sapinya, jadi sapinya ikutan gak bisa turun dari kasur :-s Untungnya sih 3 hari udah jauh mendingan, jadi boleh pulang ama dokternya. Mulai sekarang, kalo anak sakit dikit aja, biarpun cuma batuk pilek, udah mending jangan dibawa keluar rumah deh. Kemarin itu Bibi sempet diajak jenguk mak uwonya di rumah sakit, pulang dari rumah sakit langsung asma dan ikutan rawat inap.

No comments: