Tuesday, March 5, 2013

SD Al Fath

Sesuai janji di post sebelumnya, ini dia hasil PTI *Parent-Teacher Interview* ama guru SD.

  • Kurikulum ngikut kurikulum Depdiknas, ditambah muatan lokal. Tapi disini, tidak diwajibkan untuk beli buku paket. Jadi gak mesti bawa buku paket tiap hari. Proses belajarnya lebih banyak pake worksheet. Dimana anak-anak diminta untuk nulis/gambar.
  • Menggunakan metode active learning. Maksudnya, dalam proses belajar mengajar gak melulu guru menerangkan. Tapi anak-anak juga aktif nanya atau cerita.
  • Dwi Bahasa. Bahasa utama digunakan masih bahasa Indonesia, kecuali di kelas-kelas bahasa Inggris. Kalo gak salah inget, di TK ada 4 kelas bahasa Inggris dimana sepanjang belajar gurunya gak ngomong bahasa Indonesia sama sekali. Gw lupa deh apa aja *penyakit*, tapi salah satunya ada Media. Media ini kaya video-watching gitu. 
  • Berlandasan Islami. Al Fath bukan sekolah islami dimana murid-muridnya wajib berpakaian muslim. Termasuk juga berkerudung untuk anak-anak perempuannya. Tapi anak murid diajarkan untuk berpakaian sopan pas hari baju bebas, dengan pake baju yang berlengan. Diharapkan, setelah mereka besar, untuk berjilbab akan datang dari diri sendiri. .
  • Untuk meng encourage leadership, kalo lagi ngerjain tugas di kelas ada yang selesai duluan, si anak itu boleh jadi 'mentor' untuk temennya yang lain. 
  • Tidak ada PR. PR yang dibawa ke rumah cuma hasil tugas di sekolah yang gak selesai. Biasanya nanti akan ada keterangan dari guru di Buku Komunikasi. *jangan sampe lupa ngecek Bukom ye*
Ummm... Apa lagi? Kayanya secara garis besar itu deh. Inti dari PTI sebenernya bukan penentuan apakah si anak diterima atau nggak. Kalo dari TK, 99% dijamin bangkunya di SD. Jadi PTI itu sendiri lebih ke menyamakan visi misi orang tua dengan yayasan. Jangan sampe antara orang tua dan sekolah ternyata berbeda, kata guru yang interview. Misalnya, dianggep karena sekolah islam, orang tua berharap anaknya harus pake baju muslim ke sekolah. 

Hasil nanya ke temen gw yang anaknya sekolah disitu, materi pelajaran walopun ngikut Diknas, tapi kayanya udah 'diperes' abis, jadi yang diajarin cuma yang penting-penting aja. Kemudian pengalaman gw selama Bebe di TK, tidak ada biaya tambahan yang mesti dibayar lagi selama sekolah. Biaya-biaya yang ada sifatnya gak wajib. Misalnya mau ikut Family Fun Day, bayar lagi. Toh gak ikut juga gpp. Jadi selain uang pangkal dan SPP, orang tua gak mesti bayar ini itu tengah jalan. Males ya, gw pan pegawai. Gajiannya hanya pada tanggal tertentu, wkwkwkwkwkk.

Kurang lebih gitu deh, rangkuman hasil PTI. Di post selanjutnya, gw mau cerita alesannya gw sreg untuk daftarin Bebe kesitu :)

No comments: